Membaca Al-Qur’an


“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur’an), dan melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukuri.”
(QS. Fatir: 29-30)

Jika kita sebagai Pedagang atau Pengusaha ingin untung, wajib mengamalkan apa yang terkandung dalam surah Fatir ini. Apa saja?

1. Membaca Al-Qur’an
2. Mendirikan Shalat
3. Menginfakkan rezeki

Bahwa Allah siapkan kepada mereka pahala yang sempurna dan menambah karunia-Nya, apabila kita selalu membaca Al-Qur’an. Luar biasa bukan? Ada 4M Pahala jika kita membaca dan menghafal Al-Qur’an, yakni:

1. Meraih kebaikan Berlimpah

Hadits Nabi SAW : “Barang siapa yg membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sepuluh kali. Aku tidak akan mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, namun alif itu satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf” (HR. At-Turmudzi)

Hadist tersebut jelas memotivasi kita untuk meraih sebanyak-banyaknya kebaikan dari Al-Qur’an. Bisa dihitung berapa kebaikan yang akan kita dapatkan seandainya membaca 1 surah. Surah Al-Fatihah, misalnya. Jika kita jumlah, dalam surah Al-Fatihan terdapat 126 huruf. Jika dikalikan dengan 10 pahala kebaikan, maka akan menghasilkan 1260.  SubhanAllah! Ini belum kita kalikan dengan 17 kali jumlah Al-Fatihah yang selalu kita baca pada saat shalat wajib setiap hari.

Rasulullah SAW bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah orang yg mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya“ (HR. Bukhari)

2. Meraih Syafa’at

Hadits Nabi SAW : “Bacalah oleh kalian Al-Qur’an, karena pd hari Kiamat nanti dia akan datang sebagai pemberi syafa’at kepada orang yg membacanya” (HR. Muslim)

Juga dihadits yg lain : ”Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaatnya kepada seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata, ‘Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makanan dan syahwat pada siang hari, maka berilah ijin kepadaku untuk memberikan syafa’at kepadanya.’ Al-Qur’an berkata, ‘Aku telah menahannya dari tidur pada malam hari, maka berilah saya ijin untuk memberikan syafaat kepadanya.’ Keduanya dapat ijin untuk memberikan syafa’atnya” (Hadits Shahih Riwayat Ahmad)

3. Menjadi Keluarga Allah SWT

Hadits Nabi SAW : ”Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga diantara manusia, para sahabat bertanya : siapakah mereka ya Rasulullah? Rasulullah SAW menjawab : Ahli Al-Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan Pilihan-Pilihan-Nya” (HR. Ahmad)

4. Meraih dan Memberikan Hadiah terbaik

“Siapa yg membaca Al-Qur’an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan Mahkota dari cahaya pada hari Kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orangtuanya dipakaikan dua jubbah (Kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan didunia. Keduanya bertanya : Mengapa kami dipakaikan Jubbah ini? Dijawab : Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian utk mempelajari Al-Qur’an.” (HR. Al-Hakim)

Diantara kewajiban orangtua adalah harus mengajarkan Kitabullah ini kepada seluruh anak-anaknya.”

Sudahkan Anda dan keluarga membiasakan membaca Al-Qur-an secara rutin? Tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak mempelajari Al-Qur’an. Karena, sesungguhnya Allah telah bersumpah dalam Al-Qur’an sebanyak empat kali, yang ada dalam surah Al-Qamar : 17, 22, 32, dan 40.

“Dan sungguh, telah kami mudahkan Al-Qur’an utk menjadi peringatan. Maka adakah orang yg mau mengambil pelajaran?”