Ayat Qurani & Ayat Alam : Kajian Tentang air



Kajian 'selaras' Ayat Qurani & Ayat Alam..secara 'holistic' terintegrasi (integral)
+ Kajian Tentang Air (Belajar Dari Sifat Air)

(1) Air Itu Menghidupi..
ALLAH SWT berfirman, "Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup"
(QS al-Anbiya'[21]: 30)
Air menumbuhkan tanaman, menyuburkan tanah, bahkan mengalirkan oksigen dalam darah manusia, dsb..dimanapun air berada, ia 'bermanfaat'..manusia pun selayaknya demikian
Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling 'bermanfaat' bagi yang lain" (HR Ahmad)

(2) Air Itu Bergerak/Mengalir..
Jika air diam, pasti kotor dan keruh..
Imam Syafii berkata, "Saya lihat air yang diam menyebabkan kotor..bila air mengalir, ia menjadi bersih. Dan bila tidak mengalir, ia tidak akan jernih..
Singa bila tidak meninggalkan sarangnya, dia tidak akan pernah memakan mangsanya..
Dan anak panah bila tidak terlepas dari busurnya, tidak akan pernah mengenai sasarannya"
Manusia yang tidak memiliki aktivitas, pikiran dan hatinya mungkin bisa jadi keruh dan kotor..sehingga melihat secara negatif segala sesuatu (suuzhan)

(3) Air Itu Tidak Pernah Bisa Dipecah Atau Dihancurkan..
Air akan menenggelamkan benda-benda keras yang menghantamnya dan menghanyutkan..
Air hanya akan pecah saat ia mengeras & membeku..inilah karakter 'dasar' air, yakni mencair, mudah meresap, menguap, dan kembali turun untuk menyejukkan..
Karakter cair ini berguna jika seseorang menghadapi masalah..bila kita bersikap mengeras, membatu, maka kita mudah pecah-belah, mudah stress, gampang dicerai-beraikan & dilempar ke sana-sini, dan seterusnya dalam menghadapi kehidupan..

(4) Air Itu Berpasrah Diri ('Tawakal' Dalam Islam) Secara Total Pada Tatanan (Kosmos) Alam..
Air mengalir dari tempat tinggi ke arah yang lebih rendah..
Air menguap bila terkena panas, membeku jika tersentuh dingin, meresap di tanah, menguap ke awan, dan turun sebagai hujan..
Air kemudian menyatu di lautan raya, berpencar di sungai, kali, dan selokan..
Air mengikuti 'Harmoni Alam' (Sunatullah) yang digariskan ALLAH SWT..Harmoni Alam itu tunduk dan patuh pada prinsip 'keseimbangan' dan keadilan (QS al-Rahman [55]:7)
Jika 'keseimbangan' (balance) dirusak maka air pun protes..air berhak atas tempat resapan..jika tidak ada tempat resapan, air akan terus mencari tempat yang paling rendah..
Jika tak ada yang tepat sebagai 'resapan air' maka terjadilah 'banjir'..
Banjir merupakan bentuk 'protes' air karena tempat resapan serta jalan kembali ke lautan raya, tergusur oleh "kerakusan & keserakahan" tangan manusia (QS ar-Rum [30]: 41)
Bukankah manusia juga dari setetes air (maaf, sperm) yang hidup bergerak menuju sel telur (ovum)? kemudian membaur..menyatu & berkembang menjadi janin..kemudian berkembang lagi menjadi manusia?