Design Sempurna ALLAH: Otak Manusia Cuma 12 Watt

Berpikir keras memang sangat menguras tenaga, maka wajar kalau terasa letih sesudahnya. Namun jangan harap bisa kurus hanya dengan berpikir saja, tetap harus olahraga karena otak manusia hanya butuh daya setara dengan lampu 12 watt.

Menurut berbagai penelitian, ukuran otak manusia tidak lebih dari 1,4 kg atau paling-paling cuma 2 persen dari berat badan total. Meski demikian, konsumsi energinya cukup besar yakni 20 persen dari Resting Metabolic Rate (RMR) yang nilainya rata-rata 1.300 kilokalori/hari.

Besarnya RMR bervariasi tergantung usia, berat badan serta aktivitas fisik yang dilakukan. Namun yang jelas, 20 persen dari RMR tidak akan cukup untuk membuat kurus karena angkanya hanya sekitar 260 kilokalori yang dihasilkan secara bertahap sebanyak 10,8 kilokalori perjam.

Bila dikonversi agar bisa dibandingkan dengan konsumsi daya pada peralatan listrik, maka akan tampak bahwa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh otak sangatlah kecil. Berikut ini perhitungannya seperti dikutip dari Huffingtonpost:

RMR: 1.300 kilokalori (kkal)
1.300 kkal selama 24 jam = 54,16 kkal/jam = 15,04 kal/detik
15,04 kal/detik = 62,93 joule/detik = 63 watt
20 persen dari 63 watt = 12,6 watt

Berdasarkan perhitungan tersebut, daya yang dibutuhkan oleh otak untuk berpikir hanya setara dengan daya yang dibutuhkan oleh lampu 12 watt! Kalau untuk ukuran lampu pijar, daya sekecil ini hanya cukup untuk penerangan saat tidur agar mata tidak silau.

Namun rendahnya konsumsi daya pada otak juga menunjukkan bahwa organ ini bekerja dengan sangat efisien. Bandingkan dengan superkomputer Watson milik IBM misalnya, yang tergantung pada 90 unit server IBM Power 750 yang masing-masing membutuhkan daya 1.000 watt.