Al Quran Kitab Suci Sempurna

Dalam Islam dikenal 4 Kitab Suci. Percaya pada Kitab-kitab ALLAH hukumnya adalah wajib 'ain (wajib bagi muslim diseluruh dunia). 

Kitab ALLAH = Kitab Suci berupa wahyu yang diturunkan oleh ALLAH melalui Nabi/Rasul untuk pedoman hidup umat manusia sepanjang masa. 

Dinamakan Kitab Suci karena mengandung firman ALLAH yang suci dan bersih dari kesalahan dan campur tangan manusia yang kotor, diturunkan kepada para Nabi/Rasul melalui Malaikat untuk disampaikan kepada manusia.

Kitab-kitab ALLAH diturunkan pada masa yang berlainan, namun di dalamnya terkandung ajaran pokok yang sama, yaitu ajaran ‘tauhid’ (ajaran tentang keesaan ALLAH). Yang berbeda hanyalah dalam hal syariat yang disesuaikan dengan zaman dan keadaan umat pada waktu itu.

Daftar Kitab Suci ALLAH beserta Rasul penerima wahyunya :
1. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa AS (berbahasa Ibrani)
2. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud AS (berbahasa Qibti)
3. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa AS (berbahasa Suryani)
4. Kitab Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW (berbahasa Arab)

ALLAH berfirman, ”Rasul telah beriman kepada Al Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya” (Al Baqarah:285)

Al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menghapus syari’at yang tertera dalam Kitab-kitab terdahulu. Al Qur’an merupakan Kitab Suci sempurna, terlengkap dan abadi sepanjang masa, berlaku bagi seluruh umat manusia sampai akhir zaman, pedoman dan petunjuk bagi manusia dalam menjalankan kehidupan didunia agar tercapai kebahagiaan di akhirat.

Al Qur’an merupakan kumpulan Firman ALLAH sebagai ‘satu kesatuan’ kitab sebagai pedoman hidup. Al Qur’an dinyatakan sebagai Kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya, selalu terjaga dari kesalahan. Al Qur’an tidak diragukan lagi kebenaran & keasliannya, terperihara dari mulai diturunkan sampai masa yang tidak bisa ditentukan..

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” ( Al Hijr:9)

Taurat
Kitab Taurat diwahyukan ALLAH kepada nabi Musa as sebagai pedoman hidup bagi kaum Bani Israil. Taurat adalah tulisan berbahasa Ibrani, berisikan syariat (hukum) dan kepercayaan yang benar dan diturunkan melalui Musa AS. Isi pokok Taurat adalah 10 Firman ALLAH bagi bangsa Israel. Selain itu, Taurat berisikan tentang sejarah Nabi-Nabi terdahulu hingga Musa dan kumpulan hukum.

Allah berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi)” (An Nisa’:44)

“(Tuhan ALLAH) telah menurunkan kitab kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang terdahulu dari padanya, lagi menurunkan Taurat dan Injil” (Ali Imran:3)

Kitab Taurat asli yang berisikan akidah dan hukum-hukum syariat sudah tidak ada lagi. Yang beredar di kalangan orang-orang Yahudi saat ini bukanlah kitab Taurat asli, melainkan palsu. Sebab mereka telah melakukan perubahan-perubahan isinya. Para ulama pun sepakat bahwa kitab Taurat yang murni sudah tidak ada lagi. Taurat yang beredar saat sekarang lebih tepat dikatakan sebagai karangan atau tulisan orang-orang Yahudi pada waktu dan masa yang berbeda.

ALLAH berfirman, “Yaitu orang-orang Yahudi mereka mengubah perkataan dari tempat-tempatnya” (An-Nisa’:46)

Zabur
Zabur berisi mazmur (nyanyian pujian bagi ALLAH) yang dibawakan melalui Daud yang berbahasa Qibti. Kitab ini tidak mengandung syariat, karena Daud diperintahkan untuk meneruskan syariat yang telah dibawa oleh Musa. Kitab zabur diturunkan ALLAH kepada Nabi Daud AS. Nabi Daud AS hanya diperintahkan oleh ALLAH untuk mengikuti syariat Nabi Musa. Maka pokok ajaran kitab Zabur berisi tentang zikir, nasehat dan hikmah bukan hukum.

“Dan Kami telah memberi kitab zabur kepada Nabi Dawud” (An Nisa:163)

Injil
Injil pertama kali ditulis menggunakan bahasa Suryani melalui murid-murid Nabi Isa AS untuk bangsa Israel sebagai penggenap ajaran Nabi Musa AS.

“Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan 'Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa” (Al Maa`idah:46)

Kitab Injil diturunan oleh ALLAH kepada Nabi Isa AS.  Kitab Injil yang asli memuat keterangan-keterangan yang benar dan nyata yaitu perintah-perintah ALLAH agar manusia percaya bahwa ALLAH itu Esa (Satu) bukan banyak dan tidak menyekutuan-Nya dengan suatu apapun. Juga dalam kitab Injil yang asli telah dijelaskan bahwa di akhir zaman akan lahir seorang Nabi yang terakhir.

Kitab injil yang saat ini dijadikan kitab suci oleh kaum nasrani/kristen katolik & protestan sangat berbeda dengan injil yang diwahyukan kepada Nabi Isa AS semasa hidupnya untuk kaumnya. Oleh sebab itu datang Al Qur'an untuk menjadi ‘penyempurna’ seluruh kitab suci yang pernah ada..