Dzikir



Istilah dzikir berasal dari bahasa Arab, dzakara-yadzkuru-dzikr. Artinya menyucikan dan memuji (ALLAH); ingat, mengingat, peringatan; menutur; menyebut; dan melafalkan.

Di dalam AlQuran (yang juga disebut Adz-Dzikra) kita dapat menjumpai kata itu dalam berbagai bentuknya lebih dari 280 kali dengan beragam makna.

Dzikir secara istilah berarti mengingat dan menyebut ALLAH. Seseorang yang mengingat ALLAH maka lisannya terus menyebut ALLAH. Dan, hatinya juga terus mengingat ALLAH.

Mengingat gerak hati sedangkan menyebut gerak lisan. Karena itu, dzikir bisa dilakukan dengan hati (mengingat), bisa pula dengan lisan (mengucap). Perpaduan keduanya akan mengantarkan pada makna khusyu’.

Berdzikir kepada ALLAH merupakan kesibukan yang terbaik, dan cara yang paling utama bagi seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada ALLAH yang MahaSuci dan MahaTinggi.

ALLAH memerintahkan hamba-Nya untuk berdzikir, karena dengan berdzikir maka kita banyak sekali mendapatkan manfaatnya dan keutamaannya.

“Ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (AlQur'an | Al Baqarah [2] : 152)

"Dan sebutlah (Nama) Rabb-mu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut (pada siksaan-Nya), serta tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan sore hari. Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai" (Al Qur'an | Al A'raaf : 205)

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat, ingatlah ALLAH di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring” (Al Qur'an | An Nisa [4] : 103)

"Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) ALLAH, dzikir yang sebanyak-banyaknya" (Al Qur'an | Al-Ahzaab [33] : 41)

"laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) ALLAH, ALLAH telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar" (Al Qur'an | Al Ahzaab : 35)

“Hanya dengan mengingat ALLAH-lah hati menjadi tenang” (Al Qur'an | Ar Ra'd [13] : 28)

“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut (pada siksaan-Nya), tidak mengeraskan suara, di pagi dan sore hari. Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai” (Al Qur'an | Al A’raf: 205)

“Dan sebutlah (nama) ALLAH sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung” (Al Qur'an | Al Anfal : 45)

“Hai orang-orang yang beriman berdzikirlah yang banyak kepada ALLAH (dengan menyebut nama-Nya)” (Al Qur'an | Al Ahzaab : 41)

“Dan sesungguhnya mengingat ALLAH adalah lebih besar (keutamaannya)” (Al Qur'an | Al 'Ankabut : 45)

“Sungguh berbahagia orang yang menyucikan jiwanya dan sungguh merugi orang yang justru mengotorinya” (Al Qur'an | Asy Syams : 9-10)

“Dan ingatlah Rabbmu di dalam hatimu dengan penuh perendahan diri, merasa takut, dan tanpa mengeraskan suara di waktu pagi ataupun di waktu sore. Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai” (Al Qur'an | Al A’raaf : 205)

Rasulullah saw bersabda:
"Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (ALLAH), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, dan lebih baik bagimu daripada bertemu dengan musuhmu, lantas kamu memenggal lehernya atau mereka memenggal lehermu?" Para Sahabat yang hadir berkata: "Mau (wahai Rasulullah)!" Beliau bersabda: "Dzikir kepada ALLAH Yang Mahatinggi" (HR At-Tirmidzi no 3377, Ibnu Majah no 3790)

Dalam salah satu kesempatan Nabi menyatakan bahwa Beliau lebih menyukai ahli dzikir daripada ahli sedekah:
"Jika ada seseorang yang memiliki uang banyak di tempatnya lalu ia membagi-bagikannya, dan ada orang lain yang menibukkan diri dengan dzikrullah, maka orang yang berdzikir kepada ALLAH itu adalah yang lebih utama"

“Perumpamaan orang yang berdzikir pada Tuhannya dengan orang yang tidak berdzikir pada-Nya, adalah seperti orang hidup dengan orang mati” (HR Bukhari No 5928, Muslim No 1299)

Dari Mu’adz bin Jabal ra, Rasulullah saw bersabda: “Ahli syurga tidak akan menyesal (apapun di dunia ini) kecuali satu hal, atas waktu yang telah mereka lalui tanpa dzikrullah (berdzikir kepada ALLAH) didalamnya“ (HR Thabrani, Baihaqi)

“Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang” (Al Qur'an | Thaahaa [20] : 130)

Kalimat tamjid (memuliakan dan mengagungkan ALLAH):
SubhanALLAH, Walhamdulillah, Walailaha illALLAH, WALLAHu Akbar
(Maha Suci ALLAH, segenap puji bagi ALLAH, tiada Tuhan melainkan ALLAH dan ALLAH adalah Maha Besar) TASBIH (Mensucikan ALLAH), TAHMID (Memuji ALLAH), TAHLIL (Mengesakan Alllah), TAKBIR (Mengagungkan ALLAH)

Dengan berzikir kepada ALLAH maka hati akan menjadi hidup. Dzikir adalah amalan istimewa dan merupakan media yang membuat kehidupan Nabi dan para sahabat benar-benar hidup. Beberapa manfaat Dzikir:
- Orang yang berdzikir dekat dengan ALLAH
- Suara orang yang berdzikir dikenal di langit tertinggi
- Pahala berdzikir sama dengan berinfak dan berjihad dijalan ALLAH
- Menyinari wajah dan hati
- Pembuka semua pintu ilmu
- Menghidupkan hati
- Melembutkan hati
- Membersihkan hati
- Mendekatkan kepada ahirat dan menjauhkan dari dunia
- Dzikir adalah bunga dan pohon surga
- Dengan dzikir rumah-rumah surga dibangun, dan kebun-kebun surga ditanami tumbuhan dzikir

Dzikirlah sebanyak-banyaknya
Ketika anda berdzikir, manakah yang lebih diperhatikan : hitungannya atau ALLAH-nya?. Seringkali kita tidak sadar, ketika berdzikir, kita terlalu memperhatikan jumlah hitungan yang harus dicapai. Seolah-olah jumlah hitungan itu sangat penting sehingga kalau meleset, gugurlah pahala dzikir kita. Kita menjadi lupa, bahwa tujuan berdzikir adalah untuk mengingat ALLAH bukan menghitung bacaan.

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) ALLAH, dzikir yang sebanyak-banyaknya” (AlQur'an | al Ahzab 33 : 41)

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah ALLAH di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. (AlQur'an | an Nisaa' 4 : 103)

Kesemuanya mengajarkan dzikir tanpa hitungan, sebanyak-banyaknya dan setiap saat.