Budaya Lemah Lembut

Rasulullah saw berkata kepada sahabat nya Umar: “Wahai Umar, tidak kah engkau tahu bahwa orang yang lemah lembut itu hampir-hampir diangkat menjadi Nabi?”

ALLAH Maha Lembut.. Rasulullah saw sebagai best role model (teladan terbaik) diutus dengan akhlak lemah lembut (hati yang penuh cinta).. terlalu kasar termasuk budaya yang kurang baik (bad culture), terlalu lebay pun juga kurang baik, lemah lembut itulah ideal nya (the art of the heart).. itulah seni terbaik memperlakukan sesama manusia juga anak-anak didik.. itulah keindahan

“Dengan rahmat ALLAH lah engkau berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras lagi berhati kasar, tentu lah mereka menjauh dari sekeliling mu” (AlQur'an | Ali Imran : 159)
“Sungguh segala sesuatu yang dihiasi kelembutan akan tampak indah. Sebaliknya, tanpa kelembutan segala sesuatu akan tampak jelek” (Hadist Riwayat Muslim)
"Sesungguhnya ALLAH itu Maha Lembut dan mencintai kelembutan dalam segala urusan” (Hadist Riwayat Al Bukhari)
Barangsiapa yang dijauhkan dari sifat lemah lembut (cinta kasih sayang) berarti dia dijauhkan dari kebaikan” (Hadist Riwayat Muslim)
Sesungguhnya sifat lemah lembut itu tidak lah berada pada sesuatu melainkan dia akan menghiasinya. Sebaliknya, tidak lah sifat itu dicabut dari sesuatu melainkan dia akan membuatnya menjadi buruk” (Hadist Riwayat Muslim)