Berpikir Tingkat Tinggi: Melihat Pola

(Oleh: Roni Afriza ST)

Kita mungkin pernah melihat seni kaligrafi indah yg kelihatan rumit.. padahal sebenarnya dibentuk dgn pola yang sederhana.

Pola memudahkan kita untuk melihat dibalik sesuatu yg kelihatan rumit, memudahkan kita utk memahami sesuatu.. sekaligus memudahkan kita melihat kaitan (link) dengan sesuatu yang lain.

Mungkin ilmu-ilmu yg terlihat tidak berhubungan satu sama lain dgn berpikir biasa kita bisa jadi akan terlihat berhubungan dan saling berkaitan apabila dilihat dgn pola tertentu.. kemampuan melihat pola akan memudahkan kita dlm memahami sesuatu serta kaitannya dgn yg lain (linked system), inilah berpikir tingkat tinggi yg bisa membuat kita menjadi lebih kreatif dlm banyak ilmu pengetahuan.

Kemampuan melihat pola inilah yg biasanya saya tularkan kpd siswa agar lebih cepat dan lebih mudah memahami segala sesuatu beserta kaitan nya, spt memahami ilmu agama, ilmu pengetahuan (sains) dan seni sekaligus sebagai satu kesatuan yg utuh (holistik) yg saling berhubungan satu sama lain.

Ilmu-ilmu itu ibarat seperti puzzle yg terpisah-pisah berserakan tak beraturan jika kita tidak paham pola nya.. tapi jika kita bisa melihat pola nya maka kita bisa menyusun nya menjadi satu kesatuan utuh (holistik).

Segala ilmu ada dlm AlQur'an yg tersusun secara utuh dgn indah spt seni, sains, matematika, biologi, sejarah (sejarah para Nabi dan peradaban manusia, dst), budaya, bahasa, hukum, ekonomi, sosial, psikologi, kesehatan, dst yg dirangkai dgn komposisi terindah (susunan tata letak huruf, ayat dan surah AlQur'an, dst), proporsi terindah (perbandingan ukuran panjang pendek ayat, huruf, dst), keseimbangan terindah (jumlah kata2 yg seimbang, penjumlahan perkalian pembagian huruf ayat surah AlQur'an terindah secara matematis, dst).

Seperti kata si jenius kreatif leonardo da vinci: "learn how to see, realize that everything connects to everything else (belajarlah bagaimana cara melihat (pola), menyadari bahwa segala sesuatu itu saling berhubungan dengan sesuatu yang lain)".. inilah pola tanpa batas (infinite).

Pola Infinite Dalam Seni
AlQur'an menjadi contoh paling sempurna dari pola infinite (tak terbatas) dalam seni: seni sastra (keindahan syair AlQur'an), seni rupa (keindahan kaligrafi AlQur'an) bahkan seni suara (suara merdu membaca AlQur'an), dst.. AlQur'an lah yg menjadi model utama dan tertinggi bagi kreativitas seni (keindahan) krn AlQur'an adalah karya seni terhebat sepanjang masa, keindahan nya tak tertandingi.