Estetika Mengatur Segalanya

Oleh: Al Fakir Sidi Roni Afriza ST*

Islam itu indah.. Islam agama yang estetik, identik dengan keindahan.. azan panggilan ibadah shalat pun menggunakan estetika suara yang merdu.

Islam melihat keindahan sebagai sesuatu yang utama (paling penting) karena terkait aspek penilaian baik atau buruk yaitu indah atau tidak.. Islam ajaran yang indah.

Bahkan Rasulullah saw sebagai teladan terbaik adalah manusia paling estetik di muka bumi ini yang memiliki hati terindah yang mendidik umat dengan cara paling estetik.. hidup beragama berarti hidup berestetika karena *ALLAH Maha Indah dan mencintai keindahan*.

Para anak didik (santri) sangat penting diajarkan estetika sejak dini agar bisa belajar keindahan, bukan hanya sekedar belajar kebenaran.

Begitu juga dengan guru pendidik bukan hanya sekedar mengajarkan kebenaran namun yang diajarkan adalah keindahan.. guru pendidik yang mengajarkan keindahan berarti ilmu nya datang dari hati.

Guru pendidik yang sekedar mengajarkan kebenaran hanya memahami ilmu sampai sebatas akal logika, belum sampai kepada hati tempat dimana keindahan dirasakan.

Sebagaimana iblis bisa mampu mengklaim kebenaran atas diri nya namun ia tidak memiliki keindahan.

*Penulis aktif mengkaji tentang estetika ilahi, estetika nabi, infinite art (seni ilahi), divine beauty (keindahan ilahi), estetika seni, estetika desain, estetika visual, dst