ALLAH Memilihnya Karena ALLAH Mencintainya

Seorang lelaki datang mengadu kepada seorang syaikh

Lelaki: "Wahai syaikh, mengapa aku selalu dikhianati oleh orang-orang padahal aku selalu baik terhadap mereka?"
Syaikh: (diam tidak menjawab)

Lelaki: "Mengapa hati mereka jauh dariku padahal aku tulus mencurahkan cinta dan kasih sayangku pada mereka?"
Syaikh: (diam tidak menjawab)

Lelaki: "Mengapa orang-orang yang ku cintai mati dan kini yang ada disekelilingku hanya musuh-musuh ku?"
Syaikh: (diam tidak menjawab)

Lelaki: "Mengapa aku merasa begitu sendiri, sepi dan terasing dalam hidup ini?"
Syaikh: (diam tidak menjawab)

Lelaki: "Mengapa orang-orang selalu berburuk sangka terhadap diriku?"
Syaikh: (diam tidak menjawab)

Lelaki: "Mengapa orang yang ku percaya selalu berdusta, orang yang ku sayangi membalasiku kasar dan keras hati, orang yang ku harapkan selalu pergi?" 
 Syaikh: (diam tidak menjawab)

Lelaki: "Mengapa orang-orang selalu berlaku buruk padaku padahal tanganku selalu terulur untuk kebaikan bagi mereka, aku selalu dijahati, dizalimi dan diabaikan?"
 Syaikh: (diam tidak menjawab)

Sampai disini lelaki tersebut tidak kuat menahan tangis, dan syaikh tetap tidak berbicara sepatah katapun. Beberapa saat setelah lelaki tersebut tenang, syaikh mengulurkan tangannya dan mengusap dada lelaki tersebut sambil berkata: "Wahai saudaraku, aku tidak tahu mengapa ALLAH begitu mencintaimu sehingga keadaanmu seperti ini. ALLAH memasukkanmu dalam golongan hamba-Nya seperti tersebut dalam firman-Nya, muhsin itu orang-orang yang tinggi derajat kesabaran dan kebaikannya. Wahai saudaraku yang engkau pertanyakan dan keluhkan padaku adalah Cintanya ALLAH terhadap dirimu"

Lelaki tersebut terdiam, matanya berbinar, hatinya tercerahkan. Ia berkata: "Engkau benar wahai syaikh, engkau telah tunjukkan jalan terang bagiku"

Ujian hidup tidak selalu datang sebagai musibah, tetapi itu adalah jalan bagi hamba untuk memperoleh predikat muhsin disisi Tuhannya. ALLAH memilihnya karena ALLAH mencintainya..